Selasa, 03 April 2012

Cara Menghitung Kebutuhan Kertas


Salah satu tahapan kalkulasi ongkos cetak adalah menghitung kebutuhan kertas. Bahkan ini adalah tahapan yang paling penting. Karena jika Anda salah menghitung jumlahnya bisa fatal akibatnya. Terlalu banyak kelebihannya ataupun kekurangannya sama-sama merugikan. Jadi Anda harus menghitung kebutuhan kertas secara tepat dan efisien.

Ukuran kertas yang masih asli dari pabrik biasanya disebut dengan istilah Plano. Ukuran plano ini bervariasi ada yang 65 x 100 cm2, 79 x109 cm2, atau 65 x 90 cm2. Namun ukuran tersebut belum tentu tersedia semua di setiap toko kertas. Karena itu, ada baiknya tanyakan dulu ke toko kertas apakah ukuran yang Anda inginkan tersedia atau tidak. Supaya ketika selesai menghitung kebutuhan kertas, Anda tidak perlu mencari-cari lagi lantaran kertasnya ternyata tidak tersedia atau habis.

Sebagai contoh misalkan saya membutuhkan kertas ukuran A4 yaitu 21 x 29,7 cm2. Lalu kertas plano yang saya akan beli adalah ukuran 65 x 100 cm2. Berapa lembar kertas A4 yang saya dapatkan dalam 1 plano tersebut? Mari kita hitung bersama!


  1. Cara pertama, bagilah ukuran panjang dengan panjang = 100/29,7 = 3,3 (dibulatkan jadi 3) dan bagilah ukuran lebar dengan lebar = 65/21 = 3. Lalu kalikan hasil keduanya = 3 x 3 = 9. Dengan cara ini, kita akan mendapatkan hasil yaitu 9 lembar A4.
  2. Cara kedua, ada kemungkinan lain yaitu kita membagi panjang dengan lebar = 100/21 = 4,7 (dibulatkan jadi 4). Lalu yang lebar dengan panjang = 65/29,7 = 2,1 (dibulatkan jadi 2). Maka jika dikalikan hasil keduanya = 4 x 2 = 8. Ternyata hasilnya lebih sedikit yaitu hanya 8 lembar A4.
(a) Cara pertama

(b) Cara kedua

Sampai di sini, jika diminta untuk memilih tentu kita akan mengambil cara pertama yang menghasilkan 9 lembar A4. Ini adalah cara yang sangat umum dan sederhana. Dalam contoh ini, sebenarnya bisa saja kita mencari kertas plano ukuran lain misalanya ukuran 65 x 90 cm2. Jika ada maka penggunaan kertas plano ukuran 65 x 90 cm2 tentu lebih hemat lagi dibandingkan dengan ukuran 65 x 100 cm2. Untuk itu, tanyakan dulu ke toko kertasnya apakah mereka menyediakan ukuran 65 x 90 cm2 atau tidak. Karena, sekali lagi tidak semua toko kertas menyediakan ukuran kertas plano yang kita inginkan.

Demikianlah uraian tentang cara menghitung potongan kertas untuk ukuran A4. Bagaimana jika Anda ingin menghitung potongan kertas ukuran yang lain? Folio, kwarto, A3 atau ukuran yang aneh-aneh? Alhamdulillah, sahabat saya yang bernama Mas Henry telah membuatkan program/software yang sangat simpel tapi tetap powerfull untuk memudahkan kita menghitung potongan kertas. Mau coba? Silakan download software nya disini. 

Tenang saja bro, software ini telah diwakafkan oleh yang punya. Jadi bagi Anda suka dengan yang gratis-gratis, gunakanlah sepuasnya dengan tidak lupa berterimakasih kepada yang bikin.

6 komentar:

Klo ada kasus jika kertasnya memungkinkan vertikal dan horisontal dan memungkinkan menghasilkan lebih banyak.. menghitungnya gmn? Menurut saya lebih baiknya kita juga perlu menggambar jadi jika terjadi kasus seperti itu bisa diatasi.

@Yuzt : Iya bro.. itu bisa masuk pada cara ke-3 yaitu kombinasi vertikal dan horizontal. Tks atas masukannya dan juga kunjungannya.

mas bro, gimana cara pake software itu yak? binun :'(

makasih banyak, sofwarenya. kalo bisa dipercanggih lagi, sehingga bisa mengatasi segala macam kasus potong kertas.heheheheh GBU.

@Putri : caranya gampang koq.
tinggal di-ekstrak. lalu langsung pake.
ada masalah dg ekstraknya?

@Jen Jon : sy sdg mengembangkan yg lebih canggih. Itu memang bukan bikinan sy tapi punya temen. Sementara lumayan sih utk mempercepat hitung bahan. tks atas kunjungannya.

Poskan Komentar

Silakan komen di sini

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites