Google+ Followers

Rabu, 01 Juni 2011

Tutorial Mendesain Spanduk Digital


Mendesain spanduk untuk cetak digital sangat menyenangkan. Bagaimana tidak, dengan adanya teknologi cetak digital seperti sekarang ini, seorang desainer bebas berimajinasi. Tidak perlu takut terhadap jumlah warna maupun keterbatasan teknis lainnya. Mau kasih foto, mau ada special effect yang tersedia di Photoshop, ataupun mau bermain tekstur bermotif yang rumit, ga ada masalah. Masalah yang mungkin perlu diatasi hanyalah satu yaitu....sampai dimana batas imajinasi kita.

Ukuran spanduk bagaimana? Ya, ukuran memang ada batasnya. Namun, pada umumnya jasa penyedia digital printing mampu mencetak ukuran berapa saja. Umumnya ukuran mesin cetak spanduk digital adalah lebarnya 3 meter sampai 5 meter. Sedangkan panjangnya (panjang lari istilahnya) tidak terbatas, terserah Anda. Jadi untuk spanduk standar yang ukurannya 5 x 1 m2 misalnya, ga ada masalah. Atau yang ukurannya 6 x 4 m2 juga no problem.

Oke. Sekarang, jika ingin mendesain spanduk darimana mulainya?
Software yang saya gunakan adalah Adobe PhotoShop. Ikuti langkah berikut.

Langkah 1 :
Sebelum mendesain spanduk hal yang harus ada yaitu "THE MESSAGES". Iya dong. Kita mo bikin spanduk harus tahu dulu apa yang mau kita sampaikan. Kalo ga ada pesan yang mau disampaikan ngapain juga bikin spanduk. Iya toh? So, siapkan pesannya. Apa yang mau disampaikan melalui spanduk itu.

Dalam contoh ini saya ingin membuat spanduk SMP ISLAM AL-AZHAR 10 KEMBANGAN. Pesan yang ingin disampaikan adalah tentang Baksos yang diadalak oleh PMR SMP Islam Al-Azhar 10 Kembangan. Jika dibuat seperti rumusan berita 5W + 1H, maka :


What : BAKTI SOSIAL V
Who : PMR MADYA AL-AZHAR 10 KEMBANGAN
When : 28 Februari 2009
Where : Panti Balita & Panti Jompo
Why : Menjalin persahabatan, mempererat persaudaraan
How : --
Atribut : Logo PMI, logo Al-Azhar SMP, logo-logo sponsor lainnya.


Ukuran yang diinginkan adalah 6 x 2 m2. Buatlah dokumen baru di Photoshop. Caranya yaitu :

- klik menu File-->New.
- Pilih Preset = Custom
- Ubah satuan ke cm (centimeter, jangan pixel ya)
- Isikan di kolom width = 600, di kolom Height = 200
- Resolusi = 60 pixel/inch. (resolusi minimal utk digital printing)
- Color mode = RGB (kalo mo CMYK juga boleh, tapi jadi lebih berat)
- Tekan OK.

Langkah 2
Ketikkan semua informasi yang ingin disampaikan sebagaimana rumusan 5W di atas. Sebaiknya setiap teks diatur menjadi beberapa kelompok. Maksudnya, waktu mengetik jangan semuanya dijadikan dalam satu paragraf. Jika mau lebih praktis, ketikkan satu kelompok pesan dalam satu paragraf. Dengan demikian, kita bisa lebih leluasa memberi spesial efek yang berbeda untuk masing-masing kelompok teks.
Untuk logo, semuanya juga harus dimasukkan agar kita mudah mengaturnya.



Langkah 3
Setelah semua elemen pesan sudah masuk (teks, logo, dan foto kalo ada), maka sekarang tinggal bagaimana mengaturnya agar pesan itu enak dilihat dan bisa dipahami oleh yang melihatnya.

Agar tampilan lebih hidup, gunakan efek khusus yang ada di Photoshop berupa filter atau plug in. Tapi jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan efek ini. Usahakan agar spanduk tetap enak dilihat dan mudah dibaca. Jangan lantaran terlalu banyak visual efek, orang membacanya malah jadi susah.
Demikian tutorial tentang Mendesain Spanduk untuk di cetak secara digital. Untuk mendownload tutorial ini klik di sini. Untuk membaca secara online silakan klik di sini.

Jika Anda membutuhkan jasa cetak spanduk digital silakan baca informasinya di sini

8 komentar:

Terus terang saya dulunya pernah bercita-cita membuka sablon sobat,,namun karna imajinasi dibidang ini sangat minim sekali,bahkan sampai sekarang saya masih tertarik dengan sejenisnya photografer,utak-atik foto,tapi ternyata hal ini juga membutuhkan biaya yang sedikit agak tinggi,terutama untuk alat camera yang menghasilkan hasil jepretan bagus dan juga video cameranya.

Apalagi untuk alat pencetakan yang menghasilkan pencetakan ukuran 10R wah..itu diluar keuangan saya sob,kesimpulannya cita-cita saya dibidang ini tidak kesampaian hehehehe

@New BerryMor :
Ga papa bung Berry... meski belom kesampean jangan berhenti bermimpi. Sebab kata orang, kenyataan hari ini adalah mimpi hari kemarin. Makanya mulai hari ini buatlah mimpi yang indah, agar ketika hari esok tiba, kita mendapatkan kenyataan yang indah juga. Never give up!

Btw utk usaha sablon memang sudah semakin berkurang peminatnya. Apalagi sablon manual. Kedepan trendnya adalah digital printing. Untuk masalah modal memang tidak kecil. Tapi kalo saya mulai dari yang ada dulu, yaitu fokus di desain grafisnya. Proses pencetakannya bisa kita outsourcing. Cari mitra yang bisa kasih diskon lumayan. Sehingga harga jual ke end user tetap bersaing.

Nanti akan saya bahas soal ini di postingan selanjutnya. Tunggu tanggal mainnya. Tks atas kunjungannya. Keep smile :D

bro emha saya masih blm bisa cara membuat/memasukan logo atau gambar ke spanduk yg akan saya bikin. bro emha boleh ngak kasih tau toturial cara mendesain spanduk? maklum saya sangat amatiran tapi rasa keingintahuan saya sangat besar itu yang mendorong saya untuk terus belajar. makasih banget bro n salam kenal.......

wah boleh juga tutorialnya, tapi kyknya klo ga sambil praktek ga akan bs neh....

@udin tibum : Sip juga!.

@ dOnnY : Betul om donny... teori tanpa praktek sama juga bo'ong. Praktek tanpa kesabaran jadi susah.

saya suka sekali.. saya lagi belajar secara otodidak..terima kasih ^_^

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites